Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Taman

Merawat taman agar selalu terlihat indah dan segar bukanlah hal yang sulit dilakukan. Anda hanya perlu mendedikasikan waktu luang untuk melakukan perawatan taman secara berkala. Bagi sebagian orang berkebun merupakan hal yang menyenangkan, namun tidak semua orang mengerti dan tau cara merawat tanaman secara efektif sehingga cenderung membuang – buang waktu. apa jadinya bila hobi berkebun malah membawa stres karena tanaman sering layu dan tidak berkembang dengan baik. Untuk itu kami ulas Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Taman.
1. Memotong akar tanaman saat mengganti pot
Tanah tanaman dalam pot atau bak tanaman harus diganti secara teratur paling tidak 1 kali setiap bulan. Pot juga harus diganti sesuai dengan tinggi tanaman. Saat memindah tanaman, potong sedikit akar utama (di bagian tengah tanaman) sebelum menanamnya kembali.
2. Rumput
Selain harus tampak terpotong rapi, rumput sebaiknya bebas dari tanaman liar atau gulma. Penghujung musim hujan seperti saat ini sebaiknya dimanfaatkan untuk menanami bagian halaman yang tidak tertutup rumput sepenuhnya. Jika rumput jepang tampak tidak tumbuh subur di halaman, bisa diganti dengan jenis rumput yang lebih mudah perawatannya, misalnya rumput gajah mini.
3. Menjaga bentuk tanaman
Tanaman yang ditanam di tanah lebih cepat tinggi dan rimbun daripada tanaman dalam pot. Ranting tanaman perlu diipangkas secara rutin agar taman tampak menarik dan menyenangkan untuk dilihat. Bersihkan juga tanaman dari daun-daun kering. Daun-daun kering ini bisa dikumpulkan dalam wadah plastik atau lubang untuk dijadikan pupuk kompos.
4. Hanya gunakan pupuk jika benar-benar diperlukan
Pupuk kimia bisa menurunkan tingkat kesuburan tanah jika digunakan secara jangka panjang. Hanya gunakan pupuk ketika tanaman tampak kurang sehat, atau baru saja dipindahkan ke media tanam baru.
5. Periksa wadah tanaman air
Pot atau bejana tanaman air perlu diperiksa sesering mungkin untuk mengetahui adanya kebocoran. Jika pot telah bocor, coba tambal atau ganti dengan yang baru. Ini perlu segera dilakukan agar tanaman tidak kekurangan air, serta mencegah air merembes ke mana-mana.
Ingat, Pemeriksaan tanaman secara berkala : misalnya memeriksa daun yang menguning dan kering, pemangkas tanaman yang terlalu rimbun. Pemeriksaan tanda-tanda hama dan penyakit pada batang, dan ruas-ruas batang, ketiak daun, urat daun dan bagian bawah daun, pucuk dan tunas.Serta mencuci/memotong bagian yang berhama/penyakit tersebut. Anda dapat berkonsultasi dengan jasa perawatan maupun pembuatan taman yang sudah banyak tersebar di berbagai kota untuk memperindah maupun merawat taman anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp us